Selamatan 4 bulan kehamilan

Posted: Juni 3, 2011 in EKY & BAGUS

Insya Allah tanggal 9 Juni 2011 usia kemahilan Istriku tercinta memasuki usia 4 bulan dan rencanya akan diadakan acara selamatan. Makna dari selamatan ini yaitu untuk mendoakan biar kehamilan istriku baik2 saja, lancar dalam masa kehamilam serta juga dalam proses kelahiran. Dan juga agar calon dedenya sehat, lahir sempurna, cerdas, bs menjadi anak yg soleh/solehan, bisa berbakti kpd orang tua bangsa dan negara, dan bisa menjadi manusia yg bermanfaat utk mansusia yg lainnyadll. Knp dipilih waktu kehamilan 4 bulan, karena dalam kitab suci Al Quran (msh nyari suratnya) bahwa pd usia 4 bulan itulah janin mulai diberi roh/nyawa.

Alhamdulillah hari ini saya dapet sharing pengetahuan atas kebenaran boleh atau tidaknya dilakukan selamatan 4 bulanan, jadi sebenarnya dalam Islam tidak ada satu ayat pun yg menjelaskan tentang hal tsb, tergantung dari niat kita  mengadakan acara tsb klo niat kita utk membahagiakan Orang tua kita (karna yg meminta diadakan selamatan 4 bulanan adalah Ibu saya) jadi niatnya skrg saya rubah untuk membahagiakan orang tua

Dan ada sedikit pendapat dari bbrp ulama tentang proses peniupan ruh sbb :

Para ulama umumnya mengataka bahwa ruh ditiupkan pada janin ketika berusia 120 hari, sejak dari terbentuknya. Dalil-dalil yang dikemukakan cukup banyak, di antaranya adalah:

Dari Abdullah bin Mas’ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibunya selama 40 hari, kemudian berbentuk ‘alaqah seperti itu juga, kemudian menjadi mudhghah seperti itu juga. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah…. “(HR. Bukhari, Ibnu Majah, At-Tirmizy)

Para ulama kemudian menghitung ketiga masa itu menjadi 40 hari tambah 40 hari tambah 40 hari, sehingga masa peniupan ruh itu menjadi 120 hari sejak pertama kali janin terbentuk.

Inilah pendapat yang paling umum dipegang oleh para ulama selama ini. Namun sebagian kecil lainnya melihat ada dalil lain yang tidak sama. Misalnya hadits berikut ini.

Dari Hudzaifah bin Usaid raberkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Apabila nutfah telah berusia empat puluh dua malam, maka Allah mengutus malaikat, lalu dibuatkan bentuknya, diciptakan pendengarannya, penglihatannya, kulitnya, dagingnya, dan tulangnya. Kemudian malaikat bertanya, ra Rabbi, laki-laki ataukah perempuan?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan kehendak-Nya, dan malaikat menulisnya, kemudian dia (malaikat) bertanya, Ya Rabbi, bagaimana ajalnya?` Lalu Rabb-mu menetapkan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian ia bertanya, `Ya Rabbi, bagaimana rezekinya?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian malaikat itu keluar dengan membawa lembaran catatannya, maka ia tidak menambah dan tidak mengurangi apa yang diperintahkan itu. (HR.Muslim)

Hadits ini menjelaskan diutusnya malaikat dan dibuatnya bentuk bagi nutfah setelah berusia enam minggu (empat puluh dua hari), bukan setelah berusia 120 hari sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas. Sehingga sebagian ulama berpendapat bahwa peniupan ruh itu dilakukan pada usia janin 42 hari berdasarkan hadits ini.

Namun sebagian ulama lainnya mengkompromikan kedua hadits tersebut dengan mengatakan bahwa malaikat itu diutus beberapa kali, pertama pada waktu nutfah berusia empat puluh hari, dan kali lain pada waktu berusia empat puluh kali tiga hari (120 hari) untuk meniupkan ruh.

Secara nalar bila disebutkan bahwa ruh ditiupkan, maka wajar bila janin itu kemudian bisa merespon suara. Akan tetapi apakah respon itu hanya akan terjadi manakala ruh sudah ditiupkan, tentu perlu diselidiki lebih lanjut. Sebab respon itu ada yang berasal dari makhluq bernyawa, tetapi ada juga dari makhluq yang belum bernyawa.

Sedangkan untuk bacaan-bacaan yang harus dibaca saat kandungan menginjak 4 bulan atau saat ruh bayi ditiupkan, Memang tidak ada dalil yang mengharuskan membaca ayat-ayat tertentu. tapi dari berbagai sumber bisa dibaca ayat-ayat sebagai berikut :

• Al-Mu’minuun (Surat ke-23, ayat 12-14)

• Lukman (Surat ke-31, ayat 14)

• Yusuf (Surat ke 12, ayat 1-16)

• Maryam (Surat ke-19, ayat 1-15) baik juga jika semuanya dibaca..

• Ar Rahmaan (Surat ke-55, ayat 1-78)

Terakhir baca doa Ini:

Bismillahhirrahmaanir rahiim, Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad, Thibbil quluubi wadawaaihaa, Wa’aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa, Wanuuril abshaari wa dhiyaa ihaa, Waquutil arwaahi wagidzaa ihaa, Wa’alaa aalihi washahbihi wabaarik wa sallim, Allaahummahfazh waladaha maa daama fii bathnihaa, Washfihii ma’a ummihi antasysyaafii laa syifaaa illaa syifaa uka syifaa an laa yugoodiru saqoman, Allaahumma shawwirhu fii bathnihaa shuurotanhasanatan , Watsabbit qolbahu iimaanan bika wabiraa suulika , Allaahumma akhrijhu min bathni ummihi waqta walaada tihaa sahlan wasaliiman, Allaahummaj ‘alhu shahiihan kaamilan wa’aaqilan haa dziqan wa’aaliman’aamilan, Allaahumma thawwil umrahu washahhih jasadahu wahassin khuluqohu wafashshih lisaa nahu , Wa ahsin shautahu li qiraa atil hadiitsi wal qur’aan, Wawasi’rijqahu , Wajalhu insaanan kaamilan saaliman fiddunya wal aakhirah , Bibirakati sayyidinaa Muhammaddin shallallaahu’alaihi wasallam wal hamdu lillahi rabbil’aalamiina Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alamYa Allah tambahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAWSebagai pengobat dan penawar hatikuPenyehat dan penyegar badankuSebagai sinar dan cahaya pandangan mataSebagai penguat dan santapan rohaniDan kepada keluarganya dan para sahabatnya berikanlah keberkahan dan keselamatanYa Allah semoga Engkau lindungi bayi ini selama ada dalam kandungan ibunyaDan semoga Engkau memberikan kepada bayi dan ibunya Allah yang memberi kesehatan. Tidak ada kesehatan selain kesehatan Allah, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lainYa Allah semoga Engkau ciptakan bayi ini dalam kandungan ibunya dgn rupa yg bagusDan semoga Engkau tanamkan hatinya bayi ini iman kepadaMu ya Allah dan kepada Rosul MuYa Allah semoga Engkau mengeluarkan bayi ini dari dalam kandungan ibunya pada waktu yg tlah ditetapkan dlm keadaan yg sehat dan selamatYa Allah semoga Engkau jadikan bayi ini sehat, sempurna, berakal cerdas dan mengerti dalam urusan agamaYa Allah semoga Engkau memberikan kepada bayi ini umur yang panjang, sehat jasmani dan rohani, bagus budi perangainya, fasih lisannyaSerta bagus suaranya untuk membaca dan Al QuranDan tinggikanlah derajatnyaDan luaskanlah rizkinyaDan jadikanlah bagi manusia yg sempuran selamat di dunia dan akhirat. Dengan berkahnya Nabi besar Muhammad SAW dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alamAaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin Kabulkanlah doa kami, kabulkanlaah doa kami kabulkanlah doa kami, ya Allah seru sekalian alam.

About these ads
Komentar
  1. Ria mengatakan:

    Ass. bleh mnt alamat @mail’a??

  2. iis wahyudi mengatakan:

    ass. mau copy ya….

  3. Sunarya D. Marwah mengatakan:

    Anda berdua telah berbakti kepada ibu Anda semoga Allah SWT memberi limpahan rakhmat serta karuniaNya. Izinkan saya menggunakan tulisan Anda untuk selamatan 4 bulanan anak menantu kami nanti tanggal 29 Juli 2012, isinya cukup membantu untuk melengkapi uraian kami tentang makna 4 bulanan kehamilan yang saya ambil dari sana sini. Terimakasih semoga Allah SWT membalas kebaikan Anda berrdua.

  4. tatang mengatakan:

    penjelasan yg begitu rinci dan membuka wawasan saya dan istri saya ygng kni tengah mengandung buah hati kami.terimakasih tlsannya semoga ilmunya bermanfaat.

  5. Arie mengatakan:

    Assalammualaikum mas,

    Jadi sebaiknya sukuran 4 bulanan dilaksanakannya kapan? Pas saat 120 hari, menjelang atau setelahnya.

    Terimakasih, wassalam

  6. Akas Ayat Kastoeri mengatakan:

    Subhaanallaah…
    salaamu ‘alaikum..
    ane minta izin Copasnya sahabat…

    salam santun..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s